Selasa, 02 Maret 2010

Tugas 1 organisasi dan metode

1. Sebutkan 6 sumber-sumber manajemen The Six M’s Manajement ?

2. Mengapa Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen ?

3. Apa yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif ?

4. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M ?

JAWAB

1. Enam (sumber-sumber) manajemen ( The Six M’s Manajement) :

v Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)

v Uang atau Biaya (Money)

v Bahan-bahan atau Material (Materials)

v Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

v Tata kerja (Methods)

v Pasar (Market)

2. Dalam kegitan manajemen ke-6 sumber diatas mutlak diperlukan tetapi dalam sudut pandang O & M, Methods & Market tidak disebut sebagai sumber. Metode hanyalah cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran kegiatan.

3. - Efektivitas adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Sebagai contoh jika sebuah tugas dapat selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.

- Sedangkan efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

4. Kegiatan yang termasuk dalam scope O&M:

Organisasi dan Metode merupakan rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkan. Berikut yang merupakan kegiatan manajemen :

Kegitan Manajemen :

· Planning (perencanaan)

· Organizing (pengorganisasian)

· Motivating (motivasi)

· Controlling (pengendalian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar